Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
All Black Vitaly Rugby

Empat Jenis Cedera Umum Pada Olahraga Rugby

Empat Jenis Cedera Umum Pada Olahraga Rugby

Rugby merupakan salah satu olahraga yang kerap terjadi benturan dan membutuhkan fisik kuat selain itu juga rawan mengalami cedera karena permainan Rugby cukup agresif dan sering terjadi benturan badan. Menjadi seorang pemain profesional memang dituntut untuk memiliki fisik yang bagus untuk biasa terhindar dari cedera serius. Walaupun begitu tetap saja ada beberapa bagian dari badan yang sangat rawan akan cedera seperti kepala, bahu ataupun lutut. Beberapa cedera umunya terjadi ketika laga sedang berlangsung khususnya ketika terjadi benturan keras dari lawan. Berikut dibawah beberapa cedera yang sering dialami oleh para pemain Rugby.

Cedera Hamstring

Karena ketatnya persaingan dalam rugby setiap pemain sangat diwajibkan dalam kondisi fisik yang bagus untuk bisa mengikuti semua pelatihan yang sangat sangat intens dan padat. Kondisi tersebut bisa saja membuat otot digunakan dengan kondisi lebih banyak bahkan ada kemungkinan bisa membuat cedera parah seperti cedera hamstring. Selain itu terkadang ketika di laga pertandingan sangat menutup kemampuan berlari cepat dibarengin dengan terkadang ketika kondisi berlari juga harus mampu segera melakukan perubahan arah berlari yang jelas sangat membuat otot-otot kaki menjadi terbeban. Kondisi tersebutlah yang bisa membuat otot pada bagian Hamstring harus bekerja diluar batas dan bisa berakibat dengan sobeknya otot hamstring yang berujung dengan cedera pada bagian otot Hamstring.

Anterio Cruciate Ligament Atau ACL Yang Putus

The Anterio Cruciate Ligament atau ACL merupakan salah satu dari empat ligamen penting pada bagian lutut dan bagian ini ini berfungsi untuk menopang pergerakan dan stabilitas dari lutut. Selama laga pertandingan rugby, perubahan arah secara tiba-tiba ketika dalam kondisi berlari cepat sering terjadi dan ketika lutut tidak mampu menahan beban yang terjadi secara tiba-tiba maka akan mengakibatkan bagian ACL menjadi sobek. Ditambah lagi ACL merupakan bagian terpenting dari lutut selain dari MCL dan Meniscus. Ketika terjadi cedera ACL atau putusnya ligamen ACL maka bagian MCL dan meniscus juga akan mengalami hal yang sama.

Cedera Kepala

Cedera kepala Merupakan salah satu cedera yang paling sering terjadi di olahraga rugby meliputi beberapa bagian dari Kepala. Oleh karena itu mengunakan pelindung kepala sangat diwajibkan selama laga rugby berlangsung, bahkan terkadang ada beberapa pemain yang mengalami patah tulang hidung atau cedera lain ketika terjadi benturan. Pelindung kepala sangat bermanfaat untuk meredam beberapa cedera ringan namun terbatas ketika sudah terjadi cedera yang cukup serius.

Cedera Ankle / Mata Kaki

Cedera pada mata kaki atau terkilir merupakan hal cedera paling umum dalam Rugby. Terkilirnya mata kaki akibat ligament pada bagian mata kaki mengalami kerusakan akibat dari pergerakan ekstra kaki ketika berlari. Ligamen mata kaki yang sobek akan menyebabkan pendarahan dalam yang berujung dengan pembekakan mata kaki selama beberapa jam bahkan bisa memberikan efek sakit yang sangat luar biasa dan kesulitan untuk bergerak. 

Rugby merupakan olahraga yang selalu terjadi kontak badan dan benturan keras yang berujung dengan cedera-cedera serius. Walaupun Setiap pemain Rugby sudah diwajibkan mengunakan perlengkapan yang melindungin badan ketika bermain namun tetap saja akan bisa terjadi beberapa cedera yang serius untuk setiap pemain.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post